Profil

Profil

Selasa, 29 November 2011

Hal Terpenting Yang Sering Dilupakan dalam Diri Kita

Osteorosis
Osteoporosis merupakan penyakit kelainan metabolik tulang yang ditandai dengan berkurangnya kepadatan tulang secara progresif, sehingga kekuatan menjadi sangat berkurang dan mudah terjadi patah tulang. Kerapuhan tulang terjadi jika masa tulang mulai berkurang, sehingga tulang menjadi rapuh dan keropos. Tulang mengandung beberapa mineral anatara lain kalsium dan fosfat.


Kalsium
Penting untuk mengkonsumsi kalsium yang banyak terdapat dalam susu. Sayangnya, seiring bertambahnya usia, kemampuan untuk menyerap kalsium semakin berkurang. Maka, sebaiknya Anda membiasakan diri atau anak Anda untuk minum susu setiap hari sejak usia dini. Karena penyebab osteoporosis adalah kurangnya asupan kalsium pada usia muda.
Kaum muda, seringkali mereka berpikir tidak perlu lagi mengkonsumsi susu yang dianggap sebagai penambah berat badan. Atau karena berpikir tulang tidak dapat tumbuh lagi sehingga mereka enggan minum susu. Memang, pada umumnya tulang berhenti tumbuh saat usia 16-18 tahun, tetapi bukan berarti kita tidak perlu lagi memperhatikan kesehatan tulang, karena fungsi tulang sangat penting bagi tubuh, tulang juga akan mengalami kerapuhan ketika semakin bertambahnya usia. Bukan harus selalu sering meminum susu, karena semakin sering bukan semakin berguna, tapi lebih baik 1-2x sehari secara rutin.

Bagian tubuh mana yang sering terkena Osteoporosis?
1. Tulang Punggung
2. Tulang jari tangan
3. Tulang pangkal paha

FAKTOR PENYEBAB OSTEOPOROSIS
Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab atau faktor–faktor yang beresiko terkena osteoporosis, antara lain :
• Wanita lebih beresiko, pria juga berisiko tinggi
• Kekurangan hormon estrogen
• Mengalami pengangkatan rahim / ovarium
• Kurang kalsium
• Kurang terkena sinar matahari jam 06.00-09.00 dan kurang vit. D
• Riwayat keluarga ada yang osteoporosis
• Perawakan kurus, tulang kecil
• Orang Asia lebih beresiko dibanding orang Eropa
• Perokok
• Peminum kopi dan cola / minuman bersoda
• Peminum alkohol

Usia Kebutuhan Kalsium
  Kurang dari 1 tahun 210 - 270 mg
1 tahun - 3 tahun 500 mg
4 tahun - 8 tahun 800 mg
9 tahun - 18 tahun 1300 mg
19 tahun - 50 tahun 1000 mg
lebih dari 50 tahun 1200 mg

Bahaya Ponsel :
Menggunakan ponsel ternyata bisa memicu pengurangan kepadatan tulang pinggul. Hal tersebut menurut penelitian yang dilakukan oleh peneliti Turki. Para peneliti menggunakan sinar X rangkap dua untuk mengukur kepadatan tulang pinggul pada yang meletakkan ponselnya di pinggang

Rata-rata orang membawa ponsel pada pinggulnya 15 jam setiap hari dan telah menggunakan ponsel selam enam tahun. Dari hasil pemeriksaan sinar X dan penelitian lebih lanjut, kepadatan tulang pinggul tersebut berkurang karena ponsel. Penelitian menunjukkan bahwa gelombang elektromagnetik dari ponsel bisa merusak dan mengurangi kekuatan tulang.

Tim peneliti mengharapkan para produsen ponsel bisa mengembangkan produk yang aman dan yang bisa mengurangi efek negatif dari ponsel bagi kepadatan tulang. Mereka juga menyarankan bagi para pengguna ponsel untuk menghindari paparan gelombang elektromagnetik dari ponsel sesekali.

Masa depan mu di mulai hari ini.!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar